Ulasan Monster Hunter Bangkit, bukan hanya berburu monster

Game Monster Hunter Rise yang hadir pertama kali di tahun 2020 ini memang memperlihatkan banyak hal yang berbeda dari versi sebelumnya. Tidak hanya cerita dan dunianya saja yang baru, berbagai elemen baru juga hadir di seri ini. Monster Hunter Rise yang dirilis pada 26 Maret 2021 melalui platform Nintendo Switch sudah terjual sebanyak 5 juta kopi. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan review sederhana tentang Monster Hunter Rise yang sedang populer saat ini.

Masih cukup mengejutkan bahwa game sebesar ini benar-benar akan dirilis di platform Nintendo Switch. Walaupun tidak memiliki grafis seperti konsol ternama lainnya, Monster Hunter Rise sebenarnya bisa menawarkan banyak hal baru yang tidak ada di game Monster Hunter World. Meski memiliki mekanisme yang sama, game ini sebenarnya merupakan versi update dari bug yang ada di versi sebelumnya. Hal pertama yang akan kami ulas adalah Story Monster Hunter Rise yang tidak kalah seru dari sebelumnya.

DAFTAR ISI
Cerita sekarang lebih serius dan menantang

Jika kamu pernah memainkan game Monster Hunter World sebelumnya, kamu pasti sudah mengetahui konsep cerita yang mereka tawarkan. Benar sekali, kamu kembali menjadi pemburu, tinggal di sebuah desa bernama Kumura. Untuk melindungi tempat tinggal dan ekosistem monster di dunia game ini, para pemburu diciptakan. Tugas Anda adalah memburu monster yang mengancam pemukiman Anda. Namun, konflik besar tiba-tiba muncul di daerah tempat tinggal Anda.
Cerita Kini Lebih Serius dan Menantang | capcom
Cerita Kini Lebih Serius dan Menantang | capcom

Tanpa sepengetahuan Anda, perbukitan tempat Anda tinggal adalah tempat tidur dari bencana alam kuno yang kini sedang bangkit. Peristiwa penghancuran yang disebut “The Rampage” memicu pergerakan ekosistem monster untuk menyerang beberapa wilayah pemukiman manusia. Anda nantinya akan bergabung dengan grup investigasi untuk menangani kejadian ini agar tidak menjadi lebih buruk. Tim Anda akan menyelesaikan misi mengamuk untuk menghindari monster gelombang yang menyerang.

Dengan cerita ini, seluruh dunia game Monster Hunter Rise seakan berbanding terbalik dengan Monster Hunter World. Keadaan cerita ini membuat dunia game sedikit lebih serius dan sedikit lebih gelap. Ini, tentu saja, adalah langkah barunya untuk memberikan narasi yang lebih berfokus pada konflik. Meski begitu, masih ada hal menyenangkan dan menarik untuk dilakukan dalam gaya Monster Hunter. Sejauh ini, narasinya masih sama seperti di game sebelumnya.
Desain dunia yang lebih hidup dan atmosfer selama perang
Desain dunia yang lebih hidup dan atmosfer selama perang | capcom
Desain dunia yang lebih hidup dan atmosfer selama perang | capcom

Berbeda dengan Monster Hunter World yang bertema western steam punk culture, kali ini kami tampilkan dengan tema Asia dan budaya dengan magic. Berbagai desain arsitektur dan desa tempat Anda tinggal akan memiliki budaya Asia yang cukup kental. Contohnya adalah adanya jenis makanan, bentuk baju besi dan senjata yang digunakan oleh pemburu. Tak hanya itu, cerita yang mereka tawarkan nampaknya menangani konflik dengan lebih serius dibandingkan Monster Hunter World yang berfokus pada keberagaman dunia.

Dalam game ini kita akan membawa mereka ke dunia yang lebih serius dari sebelumnya. Mengingat desa kami selalu diserang monster, berbagai struktur bangunan dan benteng pemukiman rusak. Ya, itulah yang membuat Atmospheric menjadi horor masa perang mereka. Beberapa NPC bahkan tidak tinggal di lokasi tertentu. Ada juga NPC yang akan menyiapkan senjata benteng untuk menghadapi serangan monster berikutnya.

Sumber :